PAKET PRODUK RAMADHAN 2023 PALING LARIS MANIS

Tabel of Content [View]
  1. 10 Ide Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadan - New!
  2. 15 Ide Bisnis Rumahan di Bulan Ramadan, Berpotensi Untung 2023 - New!
  3. 20 Ide Usaha di Bulan Puasa Ramadan 2023, Bisa Untung Besar! - New!
  4. 8 Ide Usaha di Bulan Ramadan yang Menguntungkan - New!
  5. Intip 10 Ide Usaha Saat Ramadhan 2023 dan Strategi Bisnisnya - New!
Pedagang kurma menata barang dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Menjelang bulan Ramadan, permintaan buah kurma meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Harga kurma yang dijual bervariasi tergantung jenis dari Rp 30.000 hingga Rp. 300.000. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Pedagang kurma menata barang dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Menjelang bulan Ramadan, permintaan buah kurma meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Harga kurma yang dijual bervariasi tergantung jenis dari Rp 30.000 hingga Rp. 300.000. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada bulan Ramadan, pola konsumsi masyarakat mengalami peningkatan. Di bulan yang suci ini, khususnya di Indonesia, tidak hanya identik dengan berpuasa, tetapi juga banyak masyarakat yang memulai untuk membuka usaha dadakan.
image.png

Bagi Anda yang juga ingin memanfaatkan bulan Ramadan untuk mendapat cuan, simak sejumlah inspirasi usaha berikut!
Ide Usaha di Bulan Puasa Ramadan 2022


Jika Anda masih bingung ingin membuka jenis usaha apa di bulan Ramadan, simak berikut ini beberapa rekomendasi ide usaha di bulan puasa Ramadan 2022:
1. Katering Makanan

Saat bulan puasa, ada sebagian orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka maupun sahur. Dengan mengambil peluang ini, Anda bisa mencoba untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadan 2022.

Anda bisa menawarkannya kepada anak kost atau ibu pekerja karena seringkali mereka tidak memiliki waktu banyak karena kesibukannya. Sebelumnya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai. Buat pilihan paket katering, seperti katering mingguan atau bulanan yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pelanggan.
2. Jualan Takjil dan Minuman Segar

Waktu berbuka puasa tentunya menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa akan membutuhkan makanan atau minuman untuk buka puasa. Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk dijadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar biasanya adalah hidangan yang sering orang beli untuk berbuka puasa.

Anda bisa memulai menjual takjil dan minuman segar di halaman rumah, di pinggir jalan, atau Anda juga bisa bawa ke tempat kerja Anda untuk ditawarkan ke teman kerja Anda. Dengan menjual takjil, Anda tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga akan membantu orang untuk berbuka di tengah kesibukannya.
image.pngpeluang usaha ramadhan
peluang usaha di bulan ramadhan
peluang usaha bulan ramadhan
peluang usaha bulan ramadhan 2023
membuka usaha kuliner saat bulan ramadhan peluang usaha berdasarkan
peluang usaha saat ramadhan
peluang usaha makanan di bulan ramadhan
peluang usaha di bulan ramadhan yang menguntungkan
peluang usaha rumahan di bulan ramadhan
peluang usaha rumahan ramadhan
peluang usaha menjelang ramadhan
usaha bulan ramadhan
peluang usaha puasa dan lebaran
peluang usaha saat bulan ramadhan
video bulan ramadhan
5 sukses ramadhan

  1. 20 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif untuk Bisnis Pemula
  2. 20 Ide Usaha di Bulan Puasa Ramadan 2023, Bisa Untung Besar! - New!
  3. 25 IDE BISNIS KREATIF TERBAIK 2023
  4. 30 Ide Bisnis Kreatif untuk Anda Lakukan di 2023
  5. Baca Dulu Saja 38 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Full Cuan 2023!
  6. Baca Saja Dulu - Peluang Usaha Kerajinan Bambu Terbuka hingga ke Luar Negeri
  7. Fakta Kelebihan Dan Keuntungan Usaha Jualan Celana Dalam Yg Jarang Orang Tahu
  8. IDE USAHA AGEN TOUR TRAVEL HAJI DAN UMROH DAN CARA MEMASARKANYA
  9. Ingin Berbisnis di Tahun 2023? Berikut 6 Ide Bisnis Tanpa Harus Merogoh Kocek
  10. Intip Bisnis Kaca Film Mobil, Cara Memulai dan Tips Sukses
  11. Kisah Sukses Jasa Ahli Vitalitas Bandung Aa.Muchsin
  12. PUSAT KACA FILM MOBIL DAN GEDUNG BANDUNG - New!
  13. Peluang Usaha Hiasan Dinding Menjanjikan Berdasarkan Kreativitas
  14. TIPS USAHA TOUR TRAVEL HAJI DAN UMROH KEKINIAN

Apalagi untuk memulai usaha takjil dan minuman segar ini tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan uang Rp 300.000 hingga Rp 1 juta saja, Anda sudah bisa memulai bisnis yang menjanjikan ini.
3. Menjajakan Buah-Buahan

Saat berpuasa, buah-buahan pencuci mulut banyak dicari agar menjaga tubuh tetap fit saat menjalani puasa. Selain itu, buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

Bisnis ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda. Bahkan, untuk modal yang diperlukan dalam bisnis ini bervariasi tergantung dari berapa jumlah yang ingin Anda jual.

Bagi Anda yang ingin menjalani bisnis ini, lebih baik jika Anda langsung membelinya dari orang-orang yang memiliki lahan buah, pasti harga akan menjadi lebih murah.
4. Perlengkapan Ibadah

Banyak orang berbondong-bondong menjalankan ibadah untuk menambah pahala. Nah, untuk menjalankan ibadah tentunya membutuhkan perlengkapan ibadah.

Peralatan-peralatan ibadah yang dapat Anda jual misalnya tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis selama bulan puasa Ramadan 2022.
5. Menjual Baju Muslim

Penjual baju muslim di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Penjual baju muslim di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Penjual baju muslim di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Tidak dapat dipungkiri, salah satu usaha yang menguntungkan selama bulan Ramadan yang bisa Anda coba salah satunya yaitu menjual pakaian muslim. Hal ini dikarenakan bulan Ramadan baik pria dan wanita menggunakan baju muslim dan tertutup dalam kesehariannya.

Sama seperti usaha katering, jika usaha pakaian muslim ini berkembang dengan baik, maka bisa jadi Anda menjadikannya sebagai bisnis tetap Anda.

Untuk memulai usahanya, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan hanya dengan modal kecil bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller.
6. Kue Kering

Selanjutnya ada kue kering seperti nastar atau putri salju sebagai salah satu usaha di bulan Ramadan 2022. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang punya passion dalam dunia baking. Jika Anda belum terbiasa membuatnya, Anda bisa coba untuk latihan terlebih dahulu sebelum hari lebaran tiba. Setelah itu, Anda bisa menawarkan kue kering buatan Anda ke rekan kerja, tetangga, hingga keluarga.

Bila perlu, gunakan sistem penjualan reseller dengan mengajak kerabat atau teman-teman Anda untuk ikut menjual produk Anda. Untuk menjadi seorang pembuat kue kering, modal yang dikeluarkan juga tidak besar.
7. Parsel

Selain membuat kue kering, Anda juga bisa membuat jasa pembuatan parsel yang tentunya akan sangat menguntungkan saat menjelang lebaran. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian yang berbeda, seperti kue kering bikinan Anda, aneka macam makanan ringan, dan biskuit yang ada di pasaran, hingga sembako (sembilan bahan pokok).
8. Ketupat

Ketupat seringkali dijadikan simbol Hari Raya Idul Fitri. Tidak ada ketupat, rasanya seperti ada yang kurang. Tetapi sebelum lebaran, menu ketupat kerap disajikan saat tradisi qunutan.

Di pertengahan bulan puasa Ramadan, biasanya ketupat dimakan bersama opor ayam atau sayur labu siam. Sehingga biasanya banyak orang yang membutuhkan kulit ketupat untuk membuat menu ini.

Jika Anda bisa membuat ketupat, Anda bisa menjajal bisnis ini. Modalnya juga cukup kecil, hanya dengan Rp 1.000 rupiah saja untuk satu ketupat. tetapi Anda bisa menjualnya dengan harga 2 kali lipat sesuai harga di pasaran.
9. Kurma

Makan kurma saat berbuka puasa termasuk salah satu sunnah rasul. Kurma juga baik untuk kesehatan tubuh karena dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus selama berpuasa. Jadi tidak heran jika segala jenis kurma dijual di pasar sampai supermarket.

Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan menjual kurma di depan rumah, keliling komplek, ikut bazar Ramadan, maupun lewat sosial media. Anda juga bisa membuka toko online di marketplace.

Untuk produk kurma yang dijual, Anda bisa mengambil dari supplier atau distributor besar, dan jadi reseller dengan mengambil keuntungan dari harga jual yang ditetapkan supplier.
10. Es Buah

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, banyak orang yang menginginkan minuman yang menyegarkan, salah satunya es buah yang pastinya selalu laris manis di pasaran.

Banyak aneka minuman yang dapat menjadi pilihan dari menu jualan Anda, seperti es blewah, timun suri, hingga es teler. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan sebuah promosi dimana pembeli yang membawa wadah sendiri akan mendapatkan diskon.

Selain untuk menarik konsumen, cara ini juga bisa membantu untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan tentunya akan berdampak baik bagi lingkungan.
Dari Rental Mobil sampai Jasa Penukaran Uang
11. Produk Kecantikan

Tidak hanya tampil cantik dalam berbusana, banyak orang juga ingin berpenampilan lebih maksimal pada Hari Raya. Karena itu, usaha produk kecantikan biasanya makin laris manis saat Ramadan. Coba pertimbangkan untuk menjadi reseller makeup atau skincare yang umum seperti lipstik, eyeshadow, atau sheet mask untuk skincare.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.
12. Rental Mobil

Ketika hari Lebaran tiba, banyak orang yang merayakannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun, faktanya tidak semua orang memiliki mobil pribadi, tetapi malas juga menggunakan kendaraan umum.

Nah, mereka biasanya lebih memilih untuk menyewa mobil untuk mudik. Jika Anda ingin menjalankan usaha rental mobil, pastikan melakukan hal-hal berikut ini:

 Membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak

 Memberlakukan penahanan KTP selama masa penyewaan

 Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa

 Memasangkan alat pelacak GPS pada mobil

13. Cuci Kendaraan

Tidak hanya rental mobil saja yang mempunyai potensi besar untuk menjadi ide bisnis di bulan puasa Ramadan 2022, namun jasa pencucian kendaraan juga. Banyak orang mencari jasa cuci kendaraan jelang mudik dan meninggalkan kendaraannya di rumah. Jadi, saat ditinggal pergi, kendaraan sudah dalam keadaan bersih.

Anda juga pasti tahu, jika kendaraan yang kotor tidak hanya membuat tampilannya menjadi tidak enak dipandang, tetapi juga dapat merusak mesin-mesin di dalamnya juga. Maka dari itu, salah satu peluang usaha di bulan Ramadan 2022 salah satunya yaitu cuci kendaraan.
14. Penitipan Kendaraan

Ide bisnis di bulan Ramadan 2022 yang dapat Anda coba berkaitan dengan kendaraan, yaitu jasa penitipan mobil. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki lapak besar tetapi tidak terpakai.

Biasanya, banyak orang yang khawatir untuk meninggalkan kendaraan pribadi mereka di rumah kosong saat mudik lebaran, maka dari itu usaha ini selain memberikan keuntungan juga membantu sesama loh.

Tidak hanya di bulan Ramadan saja, di hari biasa tempat penitipan kendaraan juga banyak diperlukan. Apalagi dengan minimnya lahan parkir publik yang ada saat ini. Jika Anda ingin serius menggeluti usaha ini, pastikan sudah meminta izin terlebih dahulu kepada Bupati atau Walikota setempat dan mengikuti ketentuan yang tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013.
15. Jasa Penukaran Uang

Biasanya, menjelang lebaran jasa penukaran uang sangat diburu oleh masyarakat. Banyak orang ingin menukar uang nominal besar ke nominal kecil, seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 untuk dibagikan ke sanak saudara di kampung.
16. Penyaluran Asisten Rumah Tangga (ART)

Banyak Asisten Rumah Tangga yang juga pulang kampung saat Lebaran. Anda yang biasanya dibantu oleh ART di rumah, tentunya akan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan di rumah semuanya sendiri. Maka dari itu, banyak dari mereka yang mencari infal atau Asisten Rumah Tangga sementara untuk membantu selama bulan Ramadan.
17. Usaha Laundry

Pekerja saat menyetrika pakaian laundry di tempat jasa cuci setrika pakaian Jakarta, Rabu (20/6). Tingginyan kebutuhan akan mencuci dan menyetrika pakaian di saat libur lebaran atau Idul Fitri membuat berbagai usaha Laundry kebanjiran order jasa mencuci dan menyetrika hingga 90% ketimbang hari biasa. Dalam sehari laundry mampu menampung hingga ratusan kilo pakaian. Menurut pegawai laundry, musim libur panjang ini juga membuat jasa laundry mampu meraih untung hingga 5 juta dalam 2 hari. Jasa laundry menjadi alternatif membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, apalagi saat bulan libur lebaran. Karena banyak dari mereka yang memiliki asisten rumah tangga belum pulang dari kampung halaman. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki
Pekerja saat menyetrika pakaian laundry di tempat jasa cuci setrika pakaian Jakarta, Rabu (20/6). Tingginyan kebutuhan akan mencuci dan menyetrika pakaian di saat libur lebaran atau Idul Fitri membuat berbagai usaha Laundry kebanjiran order jasa mencuci dan menyetrika hingga 90% ketimbang hari biasa. Dalam sehari laundry mampu menampung hingga ratusan kilo pakaian. Menurut pegawai laundry, musim libur panjang ini juga membuat jasa laundry mampu meraih untung hingga 5 juta dalam 2 hari. Jasa laundry menjadi alternatif membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, apalagi saat bulan libur lebaran. Karena banyak dari mereka yang memiliki asisten rumah tangga belum pulang dari kampung halaman. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Dengan banyaknya Asisten Rumah Tangga yang pergi mudik, Anda yang biasanya mendapat bantuan untuk mengurusi urusan rumah biasanya akan merasa kesulitan, salah satunya untuk mencuci baju. Maka dari itu, tidak jarang orang yang menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju mereka. Melakukan usaha laundry termasuk usaha dengan modal kecil dan siapapun bisa melakukan usaha ini.
18. Jasa Custom Amplop

Uang Tunjangan Hari Raya (THR) rasanya kurang lengkap jika tidak dimasukkan ke dalam amplop. Agar lebih berkesan, selain menjual amplop biasa, Anda juga bisa menawarkan amplop custom yang dapat disesuaikan dengan nama penerima THR.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat Amplop yang memungkinkan pemberi THR bisa menuliskan pesan personalnya pada amplop tersebut. Jadi, hal ini bisa jauh lebih menarik dan berkesan.
19. Masker Edisi Lebaran

Pandemi yang belum berakhir membuat masker masih menjadi produk yang banyak dicari orang selama bulan Ramadan. Anda bisa menjadikan produk masker menjadi salah satu peluang usaha di bulan Ramadan 2022. Agar lebih unik dan beda, Anda juga bisa membuat masker mulut yang dapat dipasangkan dengan baju muslim untuk Hari Raya Lebaran.
20. Produk Kesehatan

Selain perabotan rumah, produk kesehatan juga mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadan. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit, tentunya sangat penting saat menjalankan ibadah puasa, terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang.

Anda bisa menawarkan berbagai produk kesehatan, seperti suplemen makanan, vitamin, hingga minuman herbal seperti jamu. Pastikan juga barang yang Anda jual semuanya sudah memiliki izin BPOM dan Halal MUI.